Kamis, 02 April 2020

Langkah Langlah Membuat Kabel Straight & Cross

1. Alat dan Bahan
A). kabel UTP
Tentukan lebih dahulu berapa panjang kabel tersebut dan berapa banyak kabel yang akan digunakan. Biasanya, setiap merek memiliki kualitas kabel yang berbeda.
B). RJ45
Adapun memang untuk konektor kabel, sediakan minimal 2 buah RJ45 dan maksimum 4 buah untuk kabel lurus/straight dan crossover, ini jika terdapat kegagalan.
C). Alat crimping
Alat ini sendiri dipergunakan untuk memotong kabel dan menghubungkan konektor RJ45 ke kabel.
D). LAN tester
LAN Tester begitu penting saat proses dalam pembuatan kabel jaringan selesai. Hal terakhir yang harus kita lakukan adalah menguji kabel jaringan. Penguji LAN akan menunjukkan indikasi jika kabel berfungsi normal. Indikator tester Lan dimanifestasikan dari lampu LED dan bunyi beep.

2. Langkah-Langkah untuk Membuat Susunan Kabel

A). Kabel Straight
1. Lepaskan tepi luar pelindung kabel, sesuaikan panjang untuk digunakan. Bersihkan dan rapikan kedua ujung kabel.
2. Mengatur dan mengklasifikasikan kabel menurut standar TIA / EIA 568 B atau pengaturan kabel lurus/straight yang dibahas di atas.
3. Potong dan ratakan setiap ujung kabel. Masukkan kabel lurus/straight dan rata ke dalam konektor RJ-45 dengan posisi kabel yang benar.
4. Gunakan alat crimping untuk memotong. Tekan alat crimping ke dalam konektor RJ-45, pastikan bahwa semua pin (kuningan) pada konektor RJ-45 telah dengan kuat mengencangkan setiap kabel.
5. Lakukan langkah yang sama dengan ujung lainnya.
6. Lakukan uji kabel dengan tester LAN. Masukkan ujung kabel konektor RJ-45 ke masing-masing port yang tersedia pada tester LAN. Nyalakan dan pastikan semua lampu LED menyala sesuai urutan kabel.

B). Kabel Crossover

Untuk dapat anda membuat susunan kabel silang/cross, langkah-langkahnya sama dengan membuat kabel lurus/straight pada poin 1 hingga 4. Sementara di ujung lainnya, susun sebagai urutan warna standar kabel pada kabel silang/cross yang dijelaskan di atas.
Setelah kedua ujung kabel dipangkas dengan benar. Lakukan tes kabel dengan LAN Tester. Pastikan semua lampu LED menyala dengan benar. Jika kabel langsung digunakan, LED tester LAN menyala secara berurutan, tetapi pada Crossover urutannya dinyalakan dan dimatikan. Urutan LED 1,2,3 dan 6 akan dipertukarkan.

C. Keuntungan Kabel UTP (unshielded twisted pair)

1.      Kabel jaringan UTP sendiri mempunyai harga yang lebih terjangkau dari pada kabel jaringan yang lainnya.
2.      Memasang atau memasang kabel jaringan UTP lebih mudah
3.      Pemeliharaan kabel jaringan UTP sangat mudah dibandingkan dengan yang lain.
4.      Ukuran konektor UTP dan kabel jaringan relatif kecil, yang membuatnya lebih fleksibel dan lebih mudah untuk membuat saluran kabel.
5.      Jika ada kerusakan pada kabel jaringan UTP, itu tidak akan mengganggu kabel jaringan UTP lainnya

D. Kurangnya Kabel UTP (unshielded twisted pair)

1.      Kabel jaringan UTP rentan terhadap gangguan listrik dari perangkat lain.
2.      Jaringan jangkauan kabel jaringan UTP terbatas dan bahkan lebih rendah dari kabel jaringan lainnya.
3.      Transmisi data yang terdapat pada kabel jaringan UTP praktis lambat jika dibandingkan dengan yang lain.
4.      Harus terdapat sebuah perangkat tambahan dalam bentuk plastik atau pipa aluminium dalam instalasi untuk memaksimalkan fungsi kabel jaringan UTP.


Naufal Setya Rosadi
12184751
12.4B.02



Tidak ada komentar:

Posting Komentar